Beranda > Lowongan kerja > Bursa kerja luar negeri ternyata banyak di minati lulusan D1~S1

Bursa kerja luar negeri ternyata banyak di minati lulusan D1~S1

Lowongan

Yogjakarta, BNP2TKI (20/10) Minat ribuan lulusan Diploma 3 (D3) dan Sarjana (Strata 1) untuk mencari informasi kerja di luar negeri cukup tinggi pada hari pertama pameran Bursa Kerja Luar Negeri (BKLN) di Yogyakarta. Pameran yang pertama kali yang diselenggarakan secara khusus oleh Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) menargetkan 2.500 kesempatan peluang kerja di luar negeri.

“Pameran ini memang cukup tepat untuk diadakan di kota pelajar, Yogjakarta. Ini terlihat dari tingginya minat D3 dan S1 untuk mencari peluang kerja di luar negeri,” ungkap Deputi Penempatan BNP2TKI. Drs. Ade Adam Noch dalam wawancara dengan wartawan usai membuka Bursa Kerja Luar Negeri di Yogjakarta, Selasa (20/10).

Hadir pada pembukaan BKLN Yogjakarta ini selain Deputi Penempatan BNP2TKI, Kepala Biro Perencanaan dan Administrasi Kerjasama Luar Negeri Ir. Agusdin Subiantoro, dan Kepala Pusat Informasi, Penelitian dan Pengembangan Ir. Benyamin Suprayogo, Kasubdit Informai Pasar Kerja (IPK) dan Penyuluhan Jabatan Tenaga Kerja Luar Negeri (TKLN) BNP2TKI Dra. Sri Hartini, MM, Kepala Balai Penempatan dan Perlindungan TKI (BP3TKI Yogjakarta) Munir, serta Kepala Dinas Tenga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Yogjakarta, Hendarto Budiyono.

Menurut Ade, Yogjakarta dalam hal penempatan TKI semi skill dan skill merupakan prioritas perdana Bursa Kerja Luar Negeri yang diadakan oleh BNP2TKI. Alasannya, karena ada kurang lebih 300 lembaga pendidikan, mulai dari tingkat diploma hingga universitas baik swasta maupun negeri.

“Melalui BKLN Yogjakarta, kami menawarkan 2.500 peluang kerja bagi warga kota pelajar ini,” harap Ade.

Deputi Penempatan BNP2TKI Ade Adam Noeh mengungkapkan, BKLN ini diikuti oleh 8 Pelaksana Penempatan TKI Swasta dan 18 Kantor Cabang yang berada di Yogjakarta dan sekitarnya serta BKLN, Akademi, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Perbankan, Sarana Kesehatan, Asuransi. Adapun job order yang tersedia untuk profesi konstruksi, engineering, tenaga kesehatan, perkebunan dan peternakan..Lowongan kerja

“Job order itu diminta langsung oleh negara-negara, seperti Malaysia, Taiwan, Singapura, Selandia Baru, Australia, Amerika, Kanada dan beberapa negara Timur Tengah,” papar Ade.

Ade menambahkan, melalui BKLN para pencari kerja (pencaker) bisa langsung menanyakan kepada PPTKIS yang memiliki job order sesuai dengan latar belakang pendidikan pencari kerja.

Menjawab pertanyaan wartawan, Ade mengakui bahwa tidak ada rekruitmen langsung bagi pencari kerja. BKLN hanya proses awal, setelah ini akan ada pertemuan berikutnya antara pencari kerja dengan PPTKIS bersangkutan terkait masalah dokumentasi, pelatihan hingga persiapan keberangkatan.

Pada pameran BKLN Jogjakarta, stand BNP2TKI juga memberikan informasi tentang peluang kerja di Jepang dan Korea Selatan melalui mekanisme G to G (Government to Governmenet).

“Dengan Jepang, kita menempatkan tenaga kesehatan sedangkan dengan Korea untuk pabrik (manufacture), dan industry perikanan,” tutur Ade.

Menurut Ade sesuai anggaran BNP2TKI, tahun 2009 ini akan diselenggarakan 3 (tiga) Bursa Kerja TKI. Pertama di Indramayu beberapa waktu lalu, kedua di Yogyakarta, dan ketiga akan diselenggarakan Semarang pada 6 November nanti.

*Sumber terkait

Iklan
  1. 22 Oktober 2009 pukul 1:54 am

    salam,
    senang bertemu Anda melalui blog ini saya Agus Suhanto, posting yang bagus 🙂
    salam kenal yee

    Suka

    • yusupman
      28 Oktober 2009 pukul 12:49 pm

      salam kenal kembali..terima kasih kunjungannya mas..

      Suka

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: