Beranda > Berita Korea > Komunitas Muslim di Korea

Komunitas Muslim di Korea

Mesjid korea Komunitas Muslim di Korea Selatan adalah komunitas yang kaya dengan keberagaman latar belakang etnis dan budaya. Komunitas Muslim di negeri yang mayoritas penduduknya beragama Budha ini, kebanyakan adalah para pekerja asing dan imigran dari berbagai negara Muslim, terutama dari kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Sementara orang-orang asli Korea yang Muslim, kebanyakan adalah keturunan dari para mualaf yang masuk Islam saat berlangsung Perang Korea. “Di sini adalah beberapa orang Korea. Yang lainnya berasal dari Indonesia, Malaysia dan Uzbek. Ada juga beberapa Muslim asal AS. Muslim disini sedikitnya berasal dari 12 sampai 14 negara di dunia,” kata Haseeb Ahmad Khan, pengusaha asal Pakistan yang sudah 10 tahun tinggal di Korea Selatan.

Menurut Haseeb, jumlah Muslim di Korea Selatan terus bertambah, terutama di kota besar seperti Busan. Muslim di kota ini sudah membuka sekolah Islam sendiri. “Meski sekolahnya kecil, cukup untuk mengakomodasi anak-anak mereka untuk mendapatkan pendidikan yang Islami,” ujar Haseeb.

Data dari Korea Muslim Federation (KMF) yang didirikan sejak tahun 1967 menyebutkan, jumlah Muslim di Korea Selatan sekarang ini mencapai 120.000-130.000 orang, terdiri dari Muslim Korea asli dan para warga negara asing. Jumlah orang Korea asli yang Muslim sekitar 45.000 orang, selebihnya didominasi pekerja migran asal Pakistan dan Bangladesh.

Sebagai kelompok masyarakat minoritas, masjid menjadi tempat penting bagi Muslim Korea Selatan untuk saling bertemu dan bersilahturahim. Sepuluh tahun yang lalu, belum banyak masjid di negara ini. Tapi sekarang, masjid-masjid sudah banyak tersebar hampir di seluruh kota besar di Korea Selatan. Masjid terbesar adalah Masjid Sentral Seoul yang berlokasi di distrik Itaewon.
“Kami punya lebih dari 10 masjid di kota-kota besar seperti Gwangju, Busan dan Daegu. Masjid di sini bukan sekedar tempat salat tapi juga tempat berkumpul komunitas Muslim, terutama usai salat Jumat. Mereka saling bercerita dan mendengarkan satu sama lain,” imbuh Haseeb.

“Contohnya, jika ada jamaah yang sakit, mereka bersama-sama datang menjenguk ke rumah sakit. Atau, jika ada yang butuh pertolongan, mereka akan mencari cara untuk bisa memberikan bantuan,” sambung Haseeb.muslimah korea

Masjid juga menjadi pusat informasi bagi warga Korea yang ingin belajar Islam. Masjid-masjid di Korea Selatan menyediakan bahan-bahan bacaan dan audio yang diberikan gratis buat mereka yang ingin mempelajari Islam.

Sekolah Islam pertama di Korea Selatan rencananya akan dibuka bulan Maret ini. Sekolah itu dibiayai lewat dana hibah dari pemerintah Arab Saudi. Tahun 2008 lalu, Duta Besar Saudi di Seoul sudah menyerahkan dana sebesar 500.000 dollar pada KMF untuk biaya pembangunan sekolah.

Sebagai penghargaan atas bantuan Saudi, sekolah tersebut rencananya akan menggunakan nama putera mahkota Saudi Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz. Sekolah ini juga akan menerima siswa non-Muslim. Selain memberikan mata pelajaran berdasarkan kurikulum pendidikan di Korea, sekolah yang dibiayai Saudi ini juga akan memberikan pelajaran tambahan berupa bahasa Arab, bahasa Inggris dan studi Islam.

Selain sekolah Islam, sejak tahun 2008 lalu, juga dibangun pusat kebudayaan Islam di kota Seoul. Dengan adanya sekolah dan pusat kebudayaan Islam ini, diharapkan bisa memperluas syiar Islam di Korea Selatan sekaligus meluruskan informasi-informasi bias tentang Islam dan Muslim yang diterima oleh masyarakat negeri itu.

*Sumber: TKI Korea.com

Iklan
  1. 4 November 2009 pukul 7:21 am

    Assalamu’alaikum, salam kenal….Subhanallah, tulisan yang selain memberikan pencerahan ide baru juga sangat inspiratif kawan, nice blog, keep on blogging!!! artikel-artikel untuk menjadi muslim kaya juga bisa aku temukan di sini : http://muslim-kaya.blogspot.com/

    Suka

    • yusupman
      4 November 2009 pukul 10:05 am

      Wa’alaikum salam Wr.Wb
      Terima kasih kawan atas kunjungannya,dan informasi yang di sertakan…

      Suka

  2. herdi marian
    27 November 2009 pukul 1:41 pm

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Boleh saya berkenalan dengan teman2 yang bekerja di korea semua?
    Saya dulu pernah bekerja di Jengwan Pusan. Disana saya bekerja di salah satu perusahaan menengah yaitu PUSAN URETHAN.
    Kami pada waktu itu semua nya ada 7 orang yg mana berasal dari jawa timur, kami disana kira2 2 tahun, tpat nya th 1996-1997.
    Kami berasal dari agen BINAWAN PRADUTA jakarta. jika ada teman yg bisa bantu, saya ingin sekali berkenalan lebih lanjut.
    Saya rasa itu saja dulu lain kali kita sambung

    Wassallam
    herdi (gresik, jatim)

    Suka

    • yusupman
      27 November 2009 pukul 2:22 pm

      Wa’alaikum salam wr wb…
      Boleh Mas..silahkan untuk berkenalan dengan teman2 di Korea..kunjungi saja..blog2 organisasi teman2 komunitas di Korea sprt PUMITA,KMI,Musola Alamin,dan masih banyak yg lainnya ..

      Suka

  3. wimanda
    19 Desember 2009 pukul 2:32 am

    alchamdulillah……,,punya saudara bru dooonng..,korsel islam sudah meraba negara maju jga,,indonesia islam dah tapi kpan mjunya bsa2 indonesia kalah ………..

    Suka

  4. Aisyah Azmah
    6 Desember 2010 pukul 8:58 pm

    saya sempet bertanya-tanya apa muslim di korea banyak karena ada penyerangann dari korea utara..kenapa tidak bersatu saja…ini akan dimanfaatkan oleh orang2 yang tidak senang dengan kekuatan dua korea…subhanallah apa jadinya bila 2 korea bersatu…muslim dan Islam akan jadi penyelamatnya….amin

    Suka

  5. 13 Oktober 2011 pukul 2:17 pm

    saya darul ulum pengen bergabung sama rekan2 semua,,,,,,,,,,,
    bagai mana islam di sana,,,,,
    dan bagai mana kehidupan taman2 disana,,,,,,,,,,,
    salam kenal ya,,,,,,,

    Suka

  6. Nisa_icha
    7 November 2011 pukul 4:57 pm

    assallamu’ alla ikum,,,?
    saya Nisa Zulfah..!! ingin bgi” cerita sdkit nich..!!
    awal’y saya tertarik orang” korea selatan karena hiburan’y itch ‘boyband’.. lalu saya suka dengn orng” d sana, namun tman saya berkata bahwa ‘orang muslim tidk boleh menyukai/mengagumi (nge-fans) sama orang kafir (non-muslim), saya pun berfikir bgai mna cra’y untuk mlupakan’y sedangkn boyband semakin marak, akhir’y saya berfikir ingin bisa mempengaruhi orang korea masuk islam, meski mungkin itu tidak mungkin..!! ingn skli kpan” saya bisa ke sna…!!! sya jg terkadang berfkir, orang” korea itu sprti’y hebat, v sayng skali mereka tdk menyadari bhwa langkah merka tdk selalu benar (agama’y)….!! jd saya terkadang berfikir ingin menyadarkn merka……………!!!!!!!!!!!!!!!

    Suka

    • 3 Februari 2012 pukul 8:49 pm

      iya,aku juga pengen bnget bgt,walaupun saya blum pnah ke korea,

      Suka

  7. nurzy
    10 Januari 2012 pukul 5:00 pm

    assalamu’alaikum. .
    salam silaturahim untuk seluruh umat muslim dikorea. .
    semoga kejayaan Islam semakin diperkuat dengan bersatu padunya umat muslim disana ataupun dinegeri yang lain. .Allahu Akbar!!!

    membaca berita ini saya sangat kagum dengan penyebaran Islam dikorea, dakwah seperti apa yang di aplikasikan disana?

    terus terang saya jadi tertarik ingin dakwah lewat fashion muslim diKorea, adakah yang bisa bantu saya untuk mengaplikasikannya?
    jazakumullah sebelumnya

    wassalamu’alaikum. .

    Suka

  8. rheanna
    23 Januari 2012 pukul 1:21 pm

    Aq pengen gabung komunitas islam di korsel

    Suka

  9. nimade
    5 Februari 2012 pukul 3:41 pm

    i am indonesian. may i join with this comunity? please ,,, i love islam

    Suka

  10. Flysilverchoi
    23 April 2012 pukul 10:12 am

    pengen tanya dong , kalo sekolah islam korea sekarang udah di buka belum ?? . bales cepet yaaa

    Suka

  1. 25 Juli 2011 pukul 11:52 pm
  2. 21 Agustus 2011 pukul 1:07 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: