Beranda > Berita dalam Negeri > Sebuah suku minoritas di Indonesia memilih Hangeul( Huruf Korea ) sebagai sistem huruf resmi

Sebuah suku minoritas di Indonesia memilih Hangeul( Huruf Korea ) sebagai sistem huruf resmi

Bahasa cia-ciaSebuah suku minoritas di Indonesia memilih “Hangeul” sebagai sistem huruf untuk menuliskan bahasa asli mereka secara resmi.Demikian sebuah berita yang di dapatkan dari laman situs TKI(dot)com.
Hal itu merupakan yang pertama kali, dimana abjad bahasa Korea digunakan oleh masyarakat di luar negeri.
Lembaga riset Hunminjeongeum Korea hari Kamis mengatakan bahwa sebuah suku di kota Bau Bau di pulau Buton, Sulawesi Selatan, belakangan ini menerapkan huruf bahasa Korea, Hangeul untuk menulis bahas asli mereka yang disebut ‘bahasa Cia-Cia’.
Kota itu mulai mengajarkan sistem tulisan bahasa Korea kepada sekolah dasar bulan lalu dengan menggunakan buku pelajaran dengan tulisan bahasa Korea selama sekitar 4 jam per minggu.Kota Bau-bau
Bahasa asli suku minoritas dengan jumlah populasi 60 ribu itu hampir terancam punah karena tidak memiliki huruf sendiri untuk menyampaikan bahasa mereka dengan tepat.
Profesor Universitas Nasional Seoul Lee Ho-young, yang membantu menciptakan buku pelajaran bahasa Korea untuk suku minoritas di Indonesia itu, mengatakan dia berharap Hangeul akan dapat menyumbang besar bagi suku suku yang tidak punya huruf sendiri untuk melestarikan identitas dan budaya mereka.

Iklan
  1. fatbana
    19 September 2010 pukul 9:01 pm

    mohon maaf…..
    butuh konfirmasi untuk menyebutkan suku pengguna bahasa cia-cia adalah minoritas dan hampir punah.
    coba datang ke wilayah maluku dan maluku utara, masyarakat asal suku cia-cia masih memegang teguh penggunaan bahasa cia sbg bahasa pergaulan. komunitas ini tersebuar dari maluku tenggara sampai maluku utara.

    Suka

  2. 6 April 2012 pukul 9:08 pm

    mohon maaf, saya sendiri asli suku cia-cia, dan cia-cia itu bukan dari sulawesi selatan. tapi dari sulawesi tenggara, terimaksi

    Suka

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: