Beranda > Berita Korea > Tanya Jawab tentang EPS (Employment Permit System )yang di perbaharui

Tanya Jawab tentang EPS (Employment Permit System )yang di perbaharui

Undang-undang ( UU ) baru tentang EPS yang telah di sahkan pada bulan September lalu banyak menimbulkan kebingungan bahkan sejak sebelum di sahkan.Dari 10 desember tahun lalu,2 ayat akan di rubah: ayat 18 pasal 2 yaitu tentang perpanjangan kerja 2tahun setelah bekerja 3 tahun penuh tanpa syarat re-entry dan ayat 25 mengenai kerja atau ijin pindah tempat kerja.Meskipun UU ini akan segera diberlakukan,pekerja asing banyak yang masih bingung karena tidak mendapatkan cukup informasi.AWN ( Asian Workers News ) akan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

T: Apakah kontrak kerja dengan perusahaan dilakukan setiap tahun?
J:Menurut UU yang baru,dalam kurun waktu 3 tahun,pekerja dan perusahaan dapat memperbaharui kontrak secara bebas.Tetapi yang ada cenderung perusahaanlah yang menentukan kapan kontrak kerja akan berakhir.Jika pekerja tidak tahu jenis pekerjaan dan lingkungan kerjanya dengan baik dan mereka menandatangani kontrak dengan periode lebih dari 1 tahun,maka selanjutnya mereka akan menemui banyak masalah.Sehingga ketika ingin berpindah perusahaan ,maka bisa jadi tidak mungkin baginya.Disisi lain,kontrak yang di buat sampai 3 tahun bisa menjamin akan adanya pekerjaan selama 3 tahun penuh.Sistim baru ini bergantung pada perjanjian mutual.Pekerja asing harus mendapatkan informasi yang cukup sebelum memutuskan.

T:Saya mendengar bahwa pekerja asing bisa melanjutkan kerja tanpa harus kembali ke negara asal.Kapan hal itu mulai berlaku?
J:Aturan tersebut berlaku bagi pekerja asing yang perusahaannya mendaftar aplikasi bekerja kembali (Re-employment )setelah tanggal 10 Desember 2009.Menurut UU kerja bagi Orang Asing.,aplikasi re-employment harus selesai 30 hari sebelum tanggal akhir periode kerja.Sehingga aturan ini berlaku bagi pekerja asing yang periode tinggalnya berakhir setelah 9 januari 2010.

T:Setelah 3 tahun bekerja,bisakah saya pulang ke negara asal lalu bekerja kembali di korea?
J:Setelah kembali ke negara asal bisa saja untuk mendapatkan re-employment.Menurut sistem yang baru,pekerja asing memang harus menggunakan liburannya di negara asal.

T:Berapa kali saya bisa pindah tempat kerja?
J:Bisa lebih dari 3kali,jika pindah kerja atas kesalahan perusahaan dimana hal tersebut tidak termasuk dalam hitungan.

T:Dengan alasan tidak ada pekerjaan di perusahaan,saya telah berpindah tempat kerja 3 kali sampai saait ini.Bisakah saya pindah lagi?
J:Menurut aturan EPS yang baru,hitungan jumlah perpindahan tempat kerja tidaklah termasuk kasus pekerja asing yang tidak bisa bekerja karena alasan yang datangnya bukan dari pekerja itu sendiri.Jika berpindah tempat kerja karena lasan perusahaan yang bermasalah,maka Anda bisa berpindah tempat kerja lagi.

T:Ketika saya mengunjungi Pusat Bantuan Kerja di Depnaker untuk pindah kerja,mereka mengatakan saya tidak boleh pindah karena saya melakukan pengunduran diri atas kemauan saya sendiri.Apa yang bisa saya lakukan?
J:Ketika berhenti kerja,petugas sering melaporkan status”berhenti atas kemauan sendiri”dan bukan atas pihak perusahaan.Karena itu jika pekerja akan berpindah tempat kerja,hal ini akan menjadi masalah.Sehingga ketika pekerja asing akan berhenti kerja,sebaiknya dipastikan apa yang tertulis sebagai alasan berhenti kerja.

T:Setelah bekerja kembali di Korea,berapa kali saya bisa berpindah kerja?
J:Menurut peraturan EPS,untuk 2 tahun re-employment diperbolehkan 2 kali pindah tempat kerja.

T:Ketika pindah tempat kerja,berapa lama waktu yang di berikan untuk mencari tempat kerja yang baru?
J:Menurut aturan EPS,mulai 10 Desember 2009,para pendaftar tempat kerja baru memperoleh waktu pencarian tempat kerja baru, selama 3 bulan.

T:Bagaimana mendaftar Asuransi Nasional menurut aturan EPS yang baru?

J:Rekening asuransi di berikan setelah adanya konfirmasi kedatangan.Anda bisa melakukan mendapatkan dari klaim setelah Anda kembali kerumah.Jika Anda bekerja selama 3 tahun lalu bekerja kembali 2 tahun dengan re-employment,maka Anda akan memperoleh keuntungan asuransi dengan cara yang sama tetapi setelah pulang ke negara asal.

*Sumber:AWN Indonesian Supplement,Kopi Korea (Koran pekerja Indonesia di Korea)

  1. riswanto
    3 Mei 2010 pukul 11:57 am

    pada EPS yang terhormat saya ingin konsultasi tentang masalah saya dan mau memnanyakan tentang peraturan 5 tahun kontrak 1 saya sdh tidak ad kesempatan pindah lagi karna saya sudah 4 kali pertanyaanya adalah ap saya masih bisa pindah dengan peraturan baru ini 2 sedangkan aku sekarang di pekerjakan di perusahaan lain sama yang di id card terimakasih EPS yang saya hormati

    Suka

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

