Beranda > Berita Korea, Berita tekhnologi > Mobil Terbang, Suatu Impian Menjadi Kenyataan

Mobil Terbang, Suatu Impian Menjadi Kenyataan

»Mobil terbang, impian manusia

Ketika anda menghadapi jalan buntu akibat kemacetan lalu lintas yang dahsyat di tengah-tengah perjalanan baik ingin pergi maupun pulang dari kantor, anda pasti mengharapkan dapat naik sebuah mobil yang dapat terbang ke tujuan anda, seperti halnya adegan film Amerika Serikat berjudul ‘The Fifth Element’ atau ‘Elemen ke-lima’. Atau anda mengkhayal, mobil anda segera melebarkan sayapnya untuk terbang menuju tujuan anda bagaikan film kartun fantastis. Sejak dua bersaudara, Wrights, warga Amerika Serikat berhasil mewujudkan impian umat manusia untuk terbang ke udara, kita mempunyai suatu impian yang lain yaitu mobil yang dapat terbang di udara.

»Tahun 1937 – untuk pertama kali, mobil terbang melebarkan sayapnya

Usaha manusia untuk membuat mobil terbang tersebut dimulai sejak 90 tahun yang lalu. Waldo Waterman, sebagai seorang pelopor, berhasil menggambarkan ide kombinasi mobil dengan pesawat terbang, setelah melihat pesawat amphibi yang mempunyai dwi fungsi, yakni kapal laut dan pesawat terbang pada tahun 1911. Dengan usaha tak henti-hentinya selama 6 tahun, Waterman berhasil menciptakan ‘Autoplane’ tapi gagal menunjukkan kemampuannya, yakni berjalan dan terbang. Namun demikian, dia tidak putus asa, lebih giat lagi untuk mencurahkan usahanya untuk menciptakan mobil terbang. Akhirnya, dia berhasil menciptakan ‘Arrowbile’ atau ‘Mobil Terbang’ pada tahun 1937. ‘Arrowbile’ pertama kali, mempunyai 3 roda yang terdiri dari bagian mobil, dengan sayap dan baling-baling yang dapat dipasang dan dicabut dengan mudah. ‘Arrowbile’ dapat terbang tanpa bagian ekor, seperti halnya pesawat terbang sekarang. Namun demikian, biaya pembuatan yang mahal, mencapai sekitar 3 juta dolar Amerika lebih per unit, menjadi hambatan utama bagi komersialisasi ‘Arrowbile’. Mobil terbang itu, tidak dapat bersaing dengan pesawat helikopter dalam segi biaya pembuatannya. Sejak usaha Waterman, pembuatan mobil terbang, dianggap sebagai suatu impian yang tak dapat terwujud.

»Semakin dekatnya, komersialisasi mobil terbang

Pada bulan Maret tahun 2009, sebuah jenis mobil terbang yang disebut Terrafugia Transition berhasil menyelesaikan proses uji coba untuk pertama kali. Mobil terbang itu yang dikembangkan oleh ilmuwan NASA, Amerika Serikat dapat diubah bentuknya dari mobil yang mempunyai 2 tempat duduk, menjadi pesawat terbang dalam waktu 15 detik. Mobil terbang itu, dapat berjalan sejauh 640 kilometer dengan satu kali isi bahan bakar. Ditambah lagi, mobil terbang itu, dapat diisi bensin premium dan diparkir dengan mudah seperti mobil biasa. Mulai tahun 2011, pengguna mobil dapat membeli Terrafugia Transition yang telah siap untuk melancarkan komersialisasi.

»Teori mobil terbang

Untuk menerbangkan atau memindahkan sebuah obyek ke arah tertentu di udara, diperlukan 4 kekuatan fundamental, yakni daya peluncuran seperti rudal, daya halangan yang mencegah maju ke depan, daya angkat yang dapat menerbangkan obyek dan daya gravitasi. Untuk mewujudkan mobil terbang, sangat diperlukan sayap yang dapat dilipat atau dilebarkan. Ditambah lagi, mobil terbang harus dirancang dengan berat super ringan, dan harus mempertimbangkan biaya produksi dengan murah, dalam proses pembuatan dengan bahan campuran karbon. Sementara itu, kebisingan bunyi mesin juga harus dipertimbangkan dalam proses pembuatan mobil terbang. Meskipun ada masalah-masalah yang rumit tersebut, Korea Selatan diharapkan akan membuka era mobil terbang dalam waktu 20 tahun yang akan datang.

»Korea Selatan memulai studi pembuatan mobil terbang

Sejumlah besar perusahaan ventura Amerika Serikat sekarang, giat berusaha untuk mengembangkan mobil terbang. Belanda sedang mengembangkan mobil terbang yang dipasangi baling-baling bagaikan helikopter, dan Israel sedang merancang mobil yang dapat tinggal landas dan mendarat secara vertikal. Dalam tahun 2009 ini, manufaktur mobil terbang internasional terus memperkenalkan uji coba tipe baru. Meskipun terlambat, Korea Selatan sedang mendekati industri manufaktur mobil terbang dengan pandangan jauh, berlandaskan kemampuan industri otomotif selama ini dan industri teknologi informasi, untuk mewujudkan komersialisasi mobil terbang dalam waktu 10 sampai 15 tahun yang akan datang. Sebagai bukti yang nyata, pada tahun 2009, Korea Selatan berhasil mewujudkan komersialisasi mobil Hybrid, sejak Jepang mengembangkan mobil itu pada tahun 1997.(Kbs World )

Iklan
  1. 25 Desember 2009 pukul 10:35 am

    Wow!!! kita tunggu nihhhh!!! alahhh, paling nyampe Indonesia baru 2025 paling cepet…

    Suka

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: