Beranda > Berita tekhnologi > Jepang Kembangkan Robot Mungil Senilai Rp20,5 Miliar

Jepang Kembangkan Robot Mungil Senilai Rp20,5 Miliar

Hiroshi Liu memperlihatkan robot burung berukuran mungil yang tengah dikembangkannya (Foto: AFP)

CHIBA – Ilmuwan Jepang mengembangkan robot burung yang memiliki perawakan seperti hummingbird atau burung kolibri. Robot burung ini bisa terbang dengan bebas di udara dengan kepakan sayap yang cepat.

Ukurannya sangat kecil, hampir sama dengan ukuran burung kolibri yang sesungguhnya. Robot burung yang diciptakan peneliti Hiroshi Liu dari Chiba University tersebut dilengkapi sebuah motor mikro dan empat buah sayap yang mengepak 30 kali per detik. Sebuah sensor inframerah mengontrol gerakan sayap sehingga bisa bergerak naik turun, ke kiri ataupun ke kanan.

“Robot dengan bobot hanya 2,6 gram ini dapat terbang delapan kali lebih stabil dibandingkan helikopter yang dilengkapi rotor blade atau baling-baling,” kata Liu seperti dikutip dari AFP, Selasa (29/12/2009).

“Langkah berikutnya adalah membuat bisa terbang melayang pada satu titik di udara dan melengkapinya dengan kamera mikro. Kemungkinan pengembangannya akan rampung pada Maret 2011,” tambahnya.

Liu menyebutkan, meski bentuknya kecil namun robot yang dikembangkannya menyedot dengan dana yang besar, hampir 200 juta yen atau setara dengan Rp20,5 miliar.

Robot ini sengaja dikembangkan sebagai alat yang membantu penyelamatan orang-orang yang terperangkap di reruntuhan gedung, melacak pelaku kejahatan, atau bahkan dioperasikan sebagai kendaraan jelajah di Mars.(*Sumber: techno okezone.com)

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: