Beranda > Berita Korea > Tahun 2010, Tahun Macan Putih

Tahun 2010, Tahun Macan Putih

Menurut Gan Ji, yakni periode susunan pergantian tahun berdasarkan penanggalan Imlek, tahun 2010 ini adalah Tahun Kyongin, atau Tahun Macan Putih. Istilah Ganji terdiri dari 2 kata, yakni Gan dan Ji. Istilah Gan terdiri dari 10 Gan, yang mengandung arti nomor susunan, yakni Gap, Eul, Byong, Jong, Mu, Gi, Kyong, Shin, Im dan Gye.
Sedangkan Ji terdiri dari 12 Ji, yang mengandung arti nama panggilan binatang, yakni Ja, tikus, Chuk, sapi, In, macan atau harimau, Myo, kelinci, Jin, naga, Sa, ular, Oh, kuda, Mi, domba, Shin, monyet, Yu, ayam, Sul, anjing, dan Hae. babi. Dengan mengkombinasikan Gan dan Ji, kita dapat membuat 60 kode periode, untuk menentukan kode penanggalan Imlek, baik tahun, bulan maupun hari dan jam.
Dengan kata lain, setiap orang Korea mempunyai lambang tahun binatang masing-masing sesuai dengan tahun kelahiran berlandaskan 60 kode tersebut.
Tahun 2010 ini adalah tahun Kyongin, yakni kombinasi Kyong dan In. Istilah Kyong melambangkan arah barat dan warna putih, sementara, istilah In melambangkan macan atau harimau. Dengan demikian, tahun Kyongin, tahun Macan Putih, datang kembali setelah 60 tahun.

Tahun Macan Putih
Sejak dahulu kala, Bangsa Korea menganggap Macan Putih yang gagah, dan berani sebagai dewa pelindung arah barat, seperti halnya 3 binatang khayalan lainnya, Naga Biru, burung Phoenix Merah dan Kura-Kura Hitam. Menurut teori fengsui, atau tofografi Korea, Macan Putih melambangkan deretan pegunungan sebelah kanan yang menghubungkan gunung utama.
Pada umumnya, jenis macan digolongkan sesuai dengan tempat asalnya, yakni macan Bengal, macan Sumatera dan macan Siberia.
Dengan kata lain, macan putih bukan sejenis macan, melainkan hasil mutasi genetik. Tubuh macan putih lebih besar dan kekuatannya lebih unggul dari pada macan biasa. Oleh karena itu, sejumlah besar Kebun Binatang di seluruh dunia, berusaha keras untuk memelihara dan melindungi macan putih, melalui berbagai usaha termasuk kloning stem sel, tapi hasilnya tidak begitu memuaskan, karena jarang dan sulit sekali mendapatkan anak macan putih dari sepasang macan putih dewasa. Menurut tradisi, bangsa Korea menganggap macan putih sebagai binatang keberuntungan yang selalu membawakan berbagai rejeki, kebaikan dan keuntungan.

Macan putih, binatang keberuntungan
Dalam cerita dan dongeng bangsa Korea, terdapat banyak episode yang berhubungan dengan macan putih. Macan atau harimau yang gagah dan berani, sejak lama diyakini oleh bangsa Korea sebagai raja hutan atau penguasa daerah pegunungan. Menurut kepercayaan Bangsa Korea, apabila pemimpin negara tidak memperdulikan hak azasi manusia bahkan merusak moral rakyat, maka macan putih akan meraung keras sebagai peringatan untuk membenarkan kesalahan itu. Bangsa Korea percaya bahwa seekor macan biasa dapat menjadi macan putih, melalui perubahan warna bulu, setelah mengalami berbagai suka dan duka duniawi. Oleh karena itu, macan putih dapat mengontrol orang berkuasa dan yang memiliki kekayaan yang berlebihan menuju jalan yang tepat dan benar. Dalam cerita Bangsa Korea, macan putih selalu menolong dan membantu orang yang tak mampu, sambil mengusir kejahatan manusia untuk menegakkan moral yang sehat. Dengan alasan itulah, rakyat Korea Selatan menyambut tahun 2010, tahun macan putih dengan penuh harapan.

Raungan macan putih
Dalam tahun 2010 ini, angka rasio kelahiran bayi Korea nampaknya akan meningkat, karena bayi itu dikaruniai berbagai rejeki dari tahun macan putih, seperti bayi yang dilahirkan pada tahun 2007 lalu, tahun babi emas.
Pada tahun 2010 ini, seluruh umat manusia di dunia akan menaruh perhatian khusus terhadap Piala Dunia, World Cup di Afrika Selatan. Sejalan dengan itu, gambar seekor macan disulam pada seragam Kesebelasan Nasional Korea, sebagai lambang tekad kuat rakyat Korea untuk menunjukkan prestasi tinggi di arena Piala Dunia 2010.
Ditambah lagi, dalam tahun macan putih, tahun 2010 ini, Korea Selatan akan menjadi tuan rumah penyelenggara Konferensi Tingkat Tinggi G 20, yang merupakan kesempatan baik untuk meningkatan wibawa dan citra negara Korea Selatan di dunia internasional. Dengan penuh harapan, mari kita jalani tahun 2010, tahun macan putih ini dengan penuh keyakinan untuk mewujudkan pengembangan dan kesejahteraan kita semua, seperti halnya seekor macan putih yang gagah dan berani.(*sumber;Kbs World)

Iklan
  1. 5 Februari 2010 pukul 3:30 pm

    Semoga di tahun macan putih ini, menjadi tahun yang dapat memdatangkan kebahagiaan bagi semua orang

    Suka

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: