Beranda > Serba-serbi > Menu Unik, Sayur Ikan Hiu

Menu Unik, Sayur Ikan Hiu

Selain keindahan pantai, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, yang sebagian besar terdiri dari perbukitan juga memiliki makanan khas, antara lain nasi tiwul dan sayur kalakan anakan ikan hiu. Untuk dapat menikmatinya, Anda tidak perlu repot mencari, sebab hampir setiap warung maupun depot di sepanjang jalan di Pantai Teleng Ria menyediakan masakan spesial tersebut.
Di Sea View Restaurant atau di Warung Nasi Tiwul Bu Gandos di Jalan Raya Pacitan-Solo, para pengunjung dari sejumlah kota singgah hampir setiap hari. Sebagian dari mereka mengaku datang karena penasaran dan bahkan ada yang sudah ketagihan. Selain rasanya pedas, sayur kalakan juga dapat menghangatkan badan. Apalagi jika disantap menggunakan sambal mentah plus daun keniker segar.
Seperti namanya, bahan dasar sayur kalakan ini adalah anakan ikan hiu. Setelah dibersihkan dan dipotong-potong, daging ikan hiu ditusuk seperti sate kemudian dibakar. Tak hanya dibakar, sebagian daging hiu disayur dan digoreng.

Daging yang sudah matang dibakar lalu direbus dengan dicampur berbagai bumbu, di antaranya cabai, bawang merah, bawang putih, lada, garam, dan lain-lain. Setelah masak, daging hiu yang sudah dibakar dimasukkan ke adonan bumbu dan siap dihidangkan setelah sayur matang.
Meski rasanya luar biasa, harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal. Satu porsi sayur kalakan hanya dihargai Rp 10 ribu. Nah, Anda tertarik mencoba?(Liputan6.com)
Iklan
Kategori:Serba-serbi Tag:
  1. Fendy
    19 Maret 2010 pukul 11:03 pm

    Yg masak tu pazti si mbok jem,..
    Mantafff..

    Suka

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: