Beranda > Berita tekhnologi > Datangnya Era Baru Pemakaian Smart Phone

Datangnya Era Baru Pemakaian Smart Phone

»Pagi hari bagi pengguna Smart Phone
Pengguna Smart Phone, telepon pintar bangun pada pukul 6 pagi, setelah mendengar bunyi lonceng, nada untuk membangunkan. kemudian menegaskan ramalan cuaca, jadwal pekerjaan harian dan warta berita semalam, semuanya dengan menggunakan Smart Phone. Kemudian, dengan akses Smartphone, pengguna dapat memilih warna baju dan dasi yang cocok untuk hari itu sesuai dengan trend akhir-akhir ini. Dalam perjalanan menuju kantor, pengguna dapat membaca audiobook dan e-mail melalui Smart Phone. Semua hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan Smart Phone atau telepon pintar.
»Komputer genggam, Smart Phone
Sejak dikembangkannya DynaTac 800 x, telepon seluler pertama di seluruh dunia oleh Motorola pada tahun 1984 lalu, teknologi telepon seluler terus dikembangkan untuk disesualikan dengan kehidupan sehari-hari umat manusia. Misalnya, teknologi penerapan kamera, MP3, kartu kredit, dan fungsi televisi pada telepon seluler, meningkatkan arti telepon seluler dalam kehidupan sehari-hari. Sementara itu, datangnya era Smart Phone berhasil memecahkan dinding antara telepon seluler dengan komputer. Smart Phone dapat dikatakan sebagai komputer genggam yang menggabungkan fungsi ponsel dengan berbagai fungsi komputer antara lain, kamus elektronik, pengontrolan jadwal pekerjaan, daftar alamat, kamera digital, MP3 Player, buku elektronik, dan fungsi video. Smart Phone juga dipasang fungsi tambahan, termasuk jaringan internet tanpa kabel, GPS, dan peta yang dapat membantu pencarian lokasi yang dituju dengan mudah. Kapan Smart Phone mulai dikomersialisasikan?

»Asal usul Smart Phone
Sekitar 10 tahun yang lalu, perusahaan Palm, manufaktur PDA Amerika Serikat berhasil memproduksi module telekomunikasi PDA yang dipasangi sistem operasi. Dengan kata lain, keberhasilan tersebut berarti bahwa jaringan internet pindah dari sistem komputer ke sistem telepon seluler. Sejak itu, sejumlah besar pengguna seluler phone menaruh perhatian khusus pada PDA, komputer mini, tetapi pada waktu itu Smart Phone masih menghadapi berbagai kendala untuk memasuki era komersialisasi. PDA perusahaan Palm Amerika Serikat tersebut masih relatif besar untuk digunakan dengan satu tangan dan cara aksesnya juga masih rumit. Pada tahun 2002 lalu, perusahaan RIM Kanada berhasil mengembangkan blackberry, salah satu Smart phone yang cocok dengan selera pengguna ponsel. Ditambah lagi, iPhone, produk perusahaan Apple Amerika Serikat berhasil membuka era komersialisasi Smart Phone di dunia.
»iPhone, revolusi Smart Phone
Keunggulan iPhone adalah desain unik, layar sentuh, kecepatan akses tinggi, dan App.store. iPhone dapat mengakses sekitar 100 ribu buah kontent termasuk warta berita, peta, permainan, selain fungsi yang telah dipasang. Sesuai dengan isi kontents, Smart Phone dapat diubah fungsinya, sebagai PMP, alat permainan, atau audio book tanpa batas apapun. Pasar Smart Phone kini terus berkembang pesat di dunia internasional khususnya negara-negara maju. Kini Smart Phone berhasil menjangkau pangsa pasar 15 persen di pasar telepon seluler internasional dan angka itu akann menjadi 17 persen pada tahun 2010 mendatang. Masyarakat Korea Selatan akhir-akhir ini juga mulai menggunakan Smart Phone.
»iPhonb dan Omnia
Pada tanggal 28 Nopember, iPhone, produk perusahaan Apple Amerika Serikat untuk pertama kali, tampil di pasar dalam negeri Korea Selatan. Hal ini dapat terjadi karena pemerintah Korea Selatan pada bulan April lalu mencabut kewajiban penggunaan sistem mobile produksi Korea Selatan pada produksi telepon seluler. Dengan kata lain, berbagai jenis Smart Phone produksi asing, kini terus mencoba pasar dalam negeri Korea Selatan. Menanggapi serangan Smart Phone buatan asing, perusahaan-perusahaan elektronik Korea Selatan, termasuk Samsung dan LG kini berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan Smart Phone baru termasuk Omnia Samsung agar memperoleh kemenangan dalam persaingan di pasar dalam negeri Korea. Melalui persaingan sengit itu, Smart Phone akan terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari umat manusia di atas bumi ini.(Kbs World)
Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: