Beranda > Berita dalam Negeri, Serba-serbi > Gerhana Siang Ini Terlama Sepanjang Abad 21

Gerhana Siang Ini Terlama Sepanjang Abad 21

Jika cuaca cerah, masyarakat Indonesia di wilayah Sumatera, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan, dan sebagian Sulawesi bakal menikmati gerhana matahari total siang ini. Gerhana matahari kali ini termasuk kategori fenomena alam luar biasa, karena merupakan yang terlama pada milennium ketiga ini (2001-3000).

Gerhana Matahari ini diperkirakan akan berlangsung dengan durasi maksimum sekitar 11 menit 8 detik, dan akan melewati wilayah Afrika bagian tengah, Samudera Hindia, dan sebagian wilayah Indonesia.

Jadi jangan disia-siakan, sebab gerhana matahari dengan durasi lebih dari 11 menit baru akan terjadi lagi pada 1.033 tahun kemudian, yakni tahun 3043. Sebelumnya gerhana matahari yang lebih lama pernah terjadi pada tahun 1992, yaitu dengan durasi 11 menit 41 detik.

Proses gerhana yang dimulai dengan masuknya bayang-bayang bulan di permukaan Bumi akan dimulai pukul 14.39 WIB, dan puncaknya diperkirakan akan terjadi pada 15.55 WIB, Jumat 15 Januari 2010. Untuk wilayah Indonesia, gerhana ini hanya akan terlihat parsial atau sebagian sehingga tidak akan terlihat berbentuk seperti cincin saat puncaknya.

Bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya yang ingin menyaksikan fenomena gerhana matahari ini dengan lebih jelas dapat mengunjungi Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) – TMII, karena akan digelar pengamatan gerhana matahari bersama mulai pukul 13.15 sampai pukul 16.15 WIB.

Sebanyak tiga teleskop yakni CPC 800, Firscope 114”, dan Solarmax Coronado, disiapkan untuk pengamatan gerhana matahari. Menariknya sebelum pengamatan, masyarakat akan dibekali materi tentang Astronomi, Matahari, dan Gerhana Matahari, serta workshop pembuatan solar view yang akan dipergunakan dalam pengamatan.(Vivanews.com)

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: