Beranda > Kesehatan > Jangan Takut Menjadi Tua

Jangan Takut Menjadi Tua

Jakarta: Kulit kering, berkerut, dan menipis (atrofi) lumrah dihadapi wanita saat menginjak usia 40 tahun. Kondisi kulit yang sudah tua secara langsung akan membuat proses pergantian sel menjadi melambat serta produksi kolagen juga akan menurun. Ini mengakibatkan kulit terlihat kendur dan berkerut.

Selain itu, serangan radikal bebas dari polusi, stres, asap rokok, dan sinar matahari turut membuat kualitas kulit wanita mengalami penurunan. Berikut tips yang bisa Anda ikuti agar kulit tetap muda:

Pertama, menggunakan SPF. Sebisa mungkin hindarilah sinar matahari langsung dari jam 10 pagi sampai dua siang. Karena pada waktu tersebut sinar ultraviolet matahari sedang memancarkan radiasi terbesarnya. Selalu menggunakan tabir surya. Krim tabir surya dengan SPF 15 sudah cukup ampuh jika digunakan oleh Anda yang jarang beraktivitas di luar ruangan. Sementara yang sering beraktivitas di luar ruangan sebaiknya menggunakan tabir surya SPF 30.

Kedua, tidur lelap setiap malam. Cegahlah kulit kering dan kusam dengan memaksimalkan kualitas tidur. Tidur yang lelap membuat proses regenerasi sel-sel kulit bekerja maksimal.

Ketiga, menambah asupan air putih. Jangan lupa untuk minum enam sampai delapan gelas air putih setiap hari. Bila dilakukan secara rutin akan membuat kulit kenyal dan kencang.

Keempat, hindari stres. Stres dapat membuat sistem imun tidak baik. Bahkan, menyebabkan kulit tubuh sensitif sehingga mudah terserang berbagai gangguan serta alergen.

Kelima, latihan kardio. Melakukan olahraga bisa membantu peremajaan kulit. Sebab, keringat yang keluar ketika berolahraga dapat membersihkan kotoran atau debu penyumbat pori-pori.

Keenam, bersahabat dengan sayur dan buah. Konsumsilah setidaknya lima sampai delapan jenis buah dan sayur saban hari. Soalnya, kandungan vitamin dan mineral dalam sayur dan buah merupakan sahabat kulit yang akan membantu menetralkan molekul-molekul yang rusak pada tubuh. Jadi, berikan tubuh Anda asupan vitamin C dan E yang cukup.(Liputan6.com)

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. 15 Juli 2011 pukul 4:25 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: