Beranda > Kesehatan > 10 Tips untuk Tidur Nyenyak

10 Tips untuk Tidur Nyenyak

Banyak orang sekarang merasa tidak bisa tidur nyenyak, dengan alasan terlalu capek lah, bantalnya nggak pas lah, kurang tidurlah dan lah yang lain2…

Berikut saya bagiin 10 tips supaya bisa tidur nyenyak…
Teratur akan Jadwal
Waktu tidur yang tidak menentu tidak memungkinkan bagi tubuh kita untuk menyelaraskan dengan ritme sikardian yang kira2 tepat. Ibu kita benar ketika dia mengatur waktu kita untuk selalu pergi tidur lebih awal ketika kita anak-anak. Pastikan juga Anda mencoba untuk menyimpan jadwal yang sama pada akhir pekan juga, kalau tidak pagi berikutnya, Anda akan bangun dengan merasa terlalu lelah. (sikardian tuh apa ya…?)
Tidur hanya saat malam hari
Hindari tiudur siang sebisa mungkin, sebab tidur siang mengambil jatah tidur malam kita. Namun jika memang terpaksa, batasi jumlah tidur anda. Sehari cukup 20 menti untuk tidur siang.
Latihan / Senam
Senam diketahui dapat membuat tidur lebih baik. Sebab pada saat kita tidur, tubuh kita akan melemaskan otot2 dan persendian kita yang telah kita latih sebelumnya. 20 – 30 menit latihan / senam sudah dapat membantu kita untuk tidur lebih baik, tapi pastikan kita berlatihnya pagi / petang. Latihan sebelum tidur merangsang tubuh dan aktivitas aerobik sehingga mungkin dapat membuat kita tertidur lebih sulit.
Mandi Air Panas
Mandi air Panas sebelum tidur dapat membantu kita tertidur lebih rileks karena hal tersebut bisa membuat rileks otot-otot yang tegang.
Jangan Makan Sebelum Tidur
Hindari makan makanan besar atau makanan pedas sebelum tidur.Beri diri Anda minimal 2 jam dari ketika Anda makan sampai Anda tidur.Hal ini memungkinkan untuk pencernaan anda bekerja dengan baik (atau setidaknya mulai). Sebelum Anda pergi tidur sehingga tubuh anda dapat beristirahat dengan baik pada malam hari, daripada membuat perut anda bergemuruh.
Hindari Kafein
Kafein dapat membuat kita terus melek sehingga kita kesulitan untuk tidur, sudah pada tau kan…?
Baca Buku Fiksi
Buku Fiksi akan membawa anda ke Dunia baru jika anda benar2 terbawa pada cerita di buku yang anda baca. Dan kemudian bayangkan cerita di buku tersebut sebelum tertidur. Berguna juga buat belajar loh, jadi teringat sampai mimpi…
Buat ruang kamar tidur tetap sejuk
Kamar yang sejuk biasanya bisa membuat kita tertidur lebih nyenyak terutama jika kita memakai selimut. Umumnya, orang yang tertidur di tempat sejuk biasanya lebih segar saat bangun dari tidurnya. (buat yang 1 ini rasanya optional…)
Suasana Tenang
Saya rasa tidur tanpa suara musik atau TV lebih mudah dan tenang. tapi saya rasa banyak orang lain yang tidak sependapat dengan saya. Tapi tidur tanpa gangguan adalah yang terbaik untuk pikiran yang lebih jelas ketika bangun.
Jauhi Alkohol Sebelum Tidur
Mungkin alkohol bisa membuat kita lebih mudah tertidur, tetapi alkohol juga menyebabkan Anda bangun di malam hari. Ketka Alkohol dicerna oleh tubuh Anda efek alkohol akan mulai bekerja, hal ini menyebabkan kita terbangun malam hari dan sering mimpi buruk bagi sebagian orang. (indoForum)

Iklan
  1. joyhomework
    21 Februari 2010 pukul 3:02 pm

    Saya tambahin y gan yg ke-11. Baca buku fisika, kimia, matematika. Dijamin pules.He5x
    http://joyhomework.wordpress.com

    Suka

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: