Beranda > Berita Korea > Makanan Ruang Angkasa dan Masakan Tradisional Korea

Makanan Ruang Angkasa dan Masakan Tradisional Korea

»Bulgogi dan nasi campur akan naik pesawat ruang angkasa
Semakin hari perhatian khusus masyarakat internasional terhadap masakan tradisional Korea semakin meningkat, seiring dengan usaha globalisasi masakan Korea. Kini demam masakan tradisional Korea bertiup di ruang angkasa. Baru-baru ini, 4 macam makanan dan minuman Korea, masing-masing Bulgogi, Nasi campur Jeonju, Sup rumput laut dan Minuman ringan buah mulberry berhasil lulus dalam pra seleksi bagi makanan ruang angkasa. Dengan keberhasilan itu, Korea Selatan mempunyai 14 macam makanan dan minuman ruang angkasa khas Korea, termasuk Kimchi dan mie. Apa itu makanan dan minuman ruang angkasa ?

»Makanan ruang angkasa
Novel-novel fiksi ilmu pengetahuan pada tahun 1930-an lalu, sering menggambarkan pola kehidupan sehari-hari pada masa depan yang bebas dari makanan dan minuman. Manusia dapat hidup, hanya menelan satu tablet dalam sehari, tanpa merasa lapar dan haus. Dalam film fiksi ilmu pengetahuan ‘Space Odyssey’ yang disutradarai oleh Stanley Kubrick pada tahun 1968, astronot dengan menggunakan sedotan dapat mengisap makanan dan minuman, misalnya wortel dan mentega dari foto masing-masing yang ditempelkan pada dinding pesawat ruang angkasa olang-alik bumi dan bulan. Dengan kesimpulan, dibukanya era ruang angkasa pada tahun 1960-an, masalah makan dan minum bagi astronot menjadi suatu hal yang amat penting. Astronot yang tinggal di dalam kondisi tanpa gaya tarik bumi, sangat beresiko tinggi terkena myasthenia dan osteomalacia, yakni gejala semakin melemahnya urat, dan semakin melunaknya tulang. Dengan kata lain, masalah makan dan minum di ruang angkasa, sangat penting untuk mencegah berbagai dampak negatif, serta menjamin pergerakan yang normal dari astronot.

»Syarat untuk terpilih menjadi makanan ruang angkasa
Syarat utama untuk terseleksi menjadi makanan ruang angkasa, adalah harus mengutamakan segi keamanan yang dapat menjamin kestabilan dan kesehatan baik jasmani maupun rohani astronot dalam penerbangan atau berada di orbit dalam waktu lama. Misalnya, suatu jenis bakteria yang tidak berbahaya di atas bumi ini, dapat berubah menjadi suatu zat yang berbahaya di ruang angkasa. Oleh karena itu, segala makanan dan minuman yang akan dipakai di ruang angkasa, disterilisasi dengan sinar radioaktif. Ditambah lagi, kelembaban semua makanan dan minuman ruang angkasa dibuang secara keseluruhan untuk mencegah pembusukan dan mengurangi berat pesawat ruang angkasa. Dalam sehari, astronot di ruang angkasa, harus makan dan minum untuk mendapatkan 2.800 kalori yang terdiri dari 50 persen karbohidrat, 30 persen lemak dan 15 persen protein.

»300 jenis makanan dan minuman ruang angkasa
Pada tahap permulaan, astronot hanya makan dan minum bahan makanan berbentuk bubuk yang dibekukan tetapi, kini terdapat sekitar 300 jenis makanan dan minuman ruang angkasa. Astronot di pesawat ruang angkasa, menikmati berbagai jenis makanan dan minuman antara lain, berbagai jenis saus, buah-buahan, ikan kaleng, daging sapi, dan kopi, seperti halnya hidangan meja makan di atas bumi.

»Makanan ruang angkasa khas Korea
Pada tanggal 12 April 2008, angkasawati pertama Korea Selatan, Yi So Yeon, di stasiun ruang angkasa internasional, ISS mengundang para astronot ISS untuk makan bersama menikmati masakan Korea. Korea Selatan giat berusaha untuk mengembangkan makanan ruang angkasa khas Korea dengan menggunakan berbagai bahan makanan dan minuman tradisional, termasuk Kimchi, teh hijau, teh ginseng, dan tauco dengan bekerjasama dengan Rusia. Pada tahun 2008, 10 jenis makanan dan minuman tradisional Korea berhasil memperoleh sertifikat internasional dan pada tahun 2010 ini, berhasil menambahkan 4 jenis makanan sebagai makanan ruang angkasa. Dengan kata lain, Korea Selatan kini mempunyai 14 jenis makanan dan minuman ruang angkasa, yang akan dipasok kepada astronot multi nasional pada bulan Maret tahun 2011 mendatang untuk program eksplorasi Marikh.(KbsWorld)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: