Beranda > Berita tekhnologi > Ilmuwan Akan Ungkap Rahasia Alam Semesta

Ilmuwan Akan Ungkap Rahasia Alam Semesta

Jakarta – Ilmuwan menyalakan ulang pemukul atom paling besar di dunia beberapa hari mendatang. Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (CERN) mempersiapkan untuk mengungkap rahasia alam semesta.

Large Hadron Collider (LHC) senilai Rp 56 trilun itu ditutup pada Desember dan siap untuk tabrakan pada tingkat paling energi. Mesin itu sudah dinyalakan selama beberapa minggu setelah berhasil dihidupkan kembali dari kerusakan selama 14 bulan.

Partikel collider – yang ada di dalam terowongan 27-kilometer perbatasan Prancis-Swiss dekat Jenewa – bertujuan untuk memahami asal-usul alam semesta dengan menciptakan kondisi yang mengikuti Big Bang.

“Kita harus menyalakan lagi LHC antara Senin hingga Rabu, dengan tabrakan energi tinggi pertama, sehingga awal dari penelitian sebenarnya dua hingga empat minggu kemudian,” kata juru bicara CERN James Gillies.

“Itu sebagaimana dijadwalkan ketika dimatikan pada bulan Desember.”

Pada minggu-minggu sebelum dimatikan karena masalah teknis, collider telah mencapai tabrakan lebih dari satu juta partikel proton dan dipercepat ke tingkat energi tidak pernah dicapai sebelumnya, menurut CERN.

Collisions mencapai rekor energi tertinggi 2,36 teraelectronvolts (TEV), dan ilmuwan bisa memulai mengumpulkan data.

Tapi CERN ingin mencapai 7,0 TEV untuk menciptakan kondisi yang dekat dengan Big Bang, dan menjalankannya pada level tersebut selama 18 sampai 24 bulan.(Inilah.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: