Beranda > Berita tekhnologi > Hal yang Perlu Diketahui Soal Tsunami

Hal yang Perlu Diketahui Soal Tsunami

Jakarta – Gempa besar yang menimpa Chile beberapa malam lalu telah mengirim peringatan tsunami di sekitar laut Pasifik. Tapi peringatan belum tentu gelombang tsunami akan terjadi.

Para petugas tidak yakin 100% negara mana yang akan terkena dampak tsunami. Tetapi mereka memberikan peringatan bahwa seluruh perairan Pasifik berada dalam risiko.

Misalnya sebuah peringatan yang dikeluarkan untuk wilayah Hawaii, berarti gelombang bisa saja terjadi dan para penduduk harus mengamankan diri ke daerah yang lebih tinggi.

Gempa Chile yang berkekuatan 8,8 skala richter berpusat di lepas pantai 200 mil atau 325 km di barat daya Santiago. Laporan awal menyebut gelombang dengan ketinggian 7 kaki sangat dekat dengan episentrum gempa.

Menurut buletin NOAA, organisasi layanan cuaca memperkirakan gelombang akan mencapai Hawai pada pukul 11.19 waktu setempat.

Namun jika diperhitungkan dengan baik, tsunami sangat sulit diprediksi. Sebuah tsunami bukanlah sebuah satu gelombang, melainkan rangkaian yang perilakunya layaknya air yang mengucur dari sebuah wadah ke atas batu.

Setiap gelombang dapat bertahan antara 5 hingga 15 menit dan bahayanya berdampak hingga satu jam setelah gelombang menerjang.

“Ketinggian gelombang tsunami tidak dapat diprediksi dan gelombang pertama merupakan kemungkinan menjadi yang terbesar,” menurut pernyataan NOAA.

Tsunami dapat disebabkan oleh erupsi vulkanik, perubahan di bawah air bahkan tanah longsor.

Hasilnya, gelombang sangat sulit untuk diprediksi untuk beberapa alasan. Tidak ada yang tahu bagaimana sebuah gempa mampu mempengaruhi dasar laut hingga berjam-jam, berhari-hari bahkan berbulan-bulan setelah kejadian.

Dan sebuah tsunami sangat sulit dibendung dan meningkatkan bahaya pada manusia di sepanjang pantai.(Inilah.com)

Iklan
Kategori:Berita tekhnologi Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. 17 Agustus 2011 pukul 12:51 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: