Beranda > Kesehatan > Minuman Bersoda Memicu Diabetes dan Penyakit Jantung

Minuman Bersoda Memicu Diabetes dan Penyakit Jantung

San Fransisco – Penelitian di Universitas California San Fransisco, Amerika Serikat, baru-baru ini membuktikan peningkatan konsumsi minuman ringan manis (soft drinks) memicu penyakit diabetes dan jantung. Menurut peneliti Dr Kirsten Bibbins Domingo, akibat konsumsi ini di negeri Abang Sam terjadi 130.000 kasus baru diabetes dan 14.000 kasus penyakit jantung.

Peningkatan terbesar, kata Domingo, terjadi pada anak usia muda. Selama ini penelitian tentang diabetes hanya pada orang usia 35 tahun ke atas. Domingo menyarankan supaya ada kebijakan pemerintah yang mengatur konsumsi minuman yang bercampur dengan pemanis ini. “Kebijakan apa pun yang mengurangi konsumsi minuman ini memberi keuntungan bagi kesehatan,” ujarnya. Salah satu kebijakan yang diusulkan adalah pajak atas minuman jenis ini. Alasan dia bahwa menenggak lebih dari satu gelas minuman sehari dan terus-menerus akan meningkatkan risiko diabetes.

Diabetes, tutur Domingo, merupakan faktor terbesar penyebab penyakit kardiovaskular salah satunya penyakit jantung koroner. “Meningkatnya masalah kardiovaskular disebabkan oleh diabetes,” katanya. Penelitian yang dilakukan Domingo menggunakan simulasi komputer untuk penyakit jantung. Cara ini juga dapat mendeteksi faktor penyebab lainnya seperti kegemukan dan diet garam.

Guru besar kedokteran dari Universitas Colorado, Robert H. Eckel, mendukung saran Domingo. Menurut dia, masyarakat Amerika harus mulai mengurangi minuman bersoda. Ia menyarankan beberapa minuman pengganti salah satunya jus buah. “Itu sangat kaya nutrisi dibanding kandungan karbohidratnya,” ujar Eckel yang mantan Presiden Asosiasi Jantung Amerika.

Namun penelitian Domingo ditentang oleh Wakil Presiden Senior untuk bidang sains Asosiasi Minuman Amerika, Maureen Storey. Ia mengatakan penelitian ini belum bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah. “Belum diterbitkan dalam jurnal ilmiah,” katanya. Storey menilai asosiasi minuman tak perlu menanggapi penelitian ini. Diabetes, kata dia, disebabkan oleh banyak faktor bukan satu faktor. “Tidak ada solusi untuk penyakit ini,” ujar Storey.

Storey bersikukuh minuman bersoda bukan termasuk minuman yang dilarang oleh Asosiasi Jantung Amerika. Menurut Storey masalah diabetes dapat diatasi dengan menyeimbangkan kalori yang masuk ke dalam tubuh dengan aktivitas fisik yang teratur. ”Kami terus mendidik masyarakat dalam hal ini,“ ujarnya berdalih.(TempoInteraktif.com)

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: