Beranda > Kesehatan > Tembakau Terbukti Bermanfaat bagi Kesehatan

Tembakau Terbukti Bermanfaat bagi Kesehatan

London – Selain berdampak buruk bagi kesehatan, tembakau juga bermanfaat. Sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan oleh Jurnal FASEB Maret ini, memperlihatkan bagaimana para peneliti mengembangkan strain tembakau yang telah dimodifikasi secara genetik.

Tembakau ini membantu sifat racun buih telaga yang merusak, yang secara ilmiah dikenal sebagai micricystin-LR (MC-LR), yang membuat air tidak aman diminum, digunakan untuk berenang, atau untuk memancing. Tanaman tembakau ini dapat berfungsi sebagai alat utama untuk menjaga sumber air agar aman digunakan, terutama di negara-negara berkembang.

“Kami berharap penelitian ini dapat secara maksimal mengurangi eksploitasi racun terhadap manusia, hewan, dan tanaman,” kata Pascal M.W. Drake penulis penelitian dari Pusat Infeksi di Universitas London di St George.

Untuk mengembangkan tembakau jenis ini, Drake dan teman-temannya mengubah tembakau untuk menghailkan antibodi MC-LR, dengan cara memasukkan gen yang fungsinya memproduksi antibodi. Dengan gen itu, tembaku strain baru memproduksi antibodi pada daunnya dan mengeluarkan antibodi dari akarnya ke media penumbuh hipotonik yang ada di sekelilingnya

Ketika racun dari MC-LR ditambahkan ke media tumbuh hypotonik, antobodinya loncat ke racun, dan mengubahnya menjadi tidak berancun. Ini baru contoh pertama dari tanaman transgenik yang memiliki antibodi yang dapat mengatasi racun lingkungan. Namun, menurut Drake akan banyak tanaman lagi semacam ini yang akan dikembangkan pada masa mendatang untuk mengatasi masalah lingkungan lainnya.

“Tembakau mungkin salah satu tanaman non-pangan yang mudah dibudidayakan,” kata Gerald Weissmann, Kepala Editor Jurnal FASEB. “Dan selama berabad-abad, tembakau telah merusak kesehatan. Sekarang, dengan suatu cara genetik yang cerdas. tembakau juga terbukti memberikan manfaat bukan melalui pipa tembakau tetapi di lahan tanaman,” tambah Gerald.(TempoInteraktif)

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: