Beranda > Kesehatan > Tersedak Bisa Menyebabkan Kematian Balita

Tersedak Bisa Menyebabkan Kematian Balita

image:Google Image

Jakarta – Tersedak penyebab utama kecelakaan dan kematian di kalangan anak-anak, terutama yang berusia di bawah empat tahun. Mayoritas insiden tersedak di kalangan anak-anak berhubungan dengan makanan, koin, atau mainan. Demikian pernyataan yang dikeluarkan American Academy of Pediatrics (AAP), yang dipublikasikan Pediatrics akhir Februari lalu.

Rata-rata, satu anak meninggal setiap lima hari di Amerika, karena tersedak makanan. Bagaimanapun terlalu sedikit perhatian pemerintah dan industri makanan untuk meminimalkan risiko makanan sesat jalan ini. Walaupun relawan pabrik makanan telah menempatkan label peringatan pada produk yang berisiko tinggi tersedak, perlu langkah lebih lanjut untuk menerapkan standar aman atas makanan yang berisiko tinggi menyebabkan kleleken.

“Kita punya hukum dan peraturan di negeri ini yang mensyaratkan penempelan label di mainan yang bisa mengakibatkan tersedak,” kata Gary Smith, direktur Pusat Riset dan Kebijakan Kecelakaan pada Rumah Sakit Anak Nasional.

Risiko tersedak bergantung pada beberapa bentuk, ukuran, dan konsistensi tiap-tiap item, sesuai dengan perkembangan dan kemampuan perilaku anak-anak. Beberapa makanan yang diperkirakan “ramah anak” sesungguhnya berbahaya. Makanan serupa anggur, popcorn, dan kacang-kacangan dapat dengan mudah masuk ke tenggorokan atau paru-paru. Hot dog berisiko paling besar yang menyebabkan tersedak hingga mengakibatkan kematian dibanding makanan lain.(TempoInteraktif.com)

Iklan
Kategori:Kesehatan Tag:
  1. 11 Agustus 2010 pukul 4:54 pm

    Oh..beautiful child…

    Suka

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: