Beranda > Berita tekhnologi > Ada Komet yang Akan Bunuh Diri

Ada Komet yang Akan Bunuh Diri

Jakarta – Sebuah komet baru ditemukan sedang menuju matahari dan tidak akan bertahan. Komet itu terbang terlalu dekat dengan matahari sehingga dapat dilihat dengan mata telanjang.

Komet itu jelas sekali terlihat dalam foto baru matahari yang diambil dengan Solar and Heliospheric Observatory (SOHO), menurut website SpaceWeather.com yang melaporkan temuan itu.

Komet yang melewati matahari dengan jarak dekat tidak biasa terjadi. Astronom memperkirakan ada lebih dari 1.600 obyek dingin seperti itu secara periodik melewati jantung tata surya. Komet dekat matahari mencapai 1.000 perhitungan pada tahun 2005.

Komet yang saat ini sedang menuju ke matahari mungkin menjadi bagian dari apa yang disebut kelompok komet Kreutz. Kelompok itu terkenal memiliki orbit yang membawa mereka hanya beberapa ratus ribu mil dari matahari.

Semua komet Kreutz dianggap sisa-sisa dari satu komet raksasa yang pecah beberapa abad yang lalu. Mereka diberi nama berdasarkan astronom abad ke-19 Heinrich Kreutz, yang pertama kali menunjukkan bahwa komet itu saling berkaitan.

SOHO adalah misi bersama NASA dan European Space Agency. Observatorium itu dapat melihat komet ketika mendekat matahari karena menggunakan disk untuk memblokir cahaya bintang agar dapat melihat matahari dan benda-benda lain di dekatnya.

Foto SOHO telah berperan dalam menemukan komet dekat matahari sejak pertama kali mulai mengamati matahari pada tahun 1995.

Sebelum SOHO diluncurkan, hanya 16 komet dekat matahari yang terlihat oleh teleskop berbasis wahana antariksa, kata para pejabat NASA.(Inilah.com)

Iklan
  1. 14 Maret 2010 pukul 1:17 pm

    bagus artikelnya ni…lam kenal ya…

    Suka

  2. bagus
    19 Maret 2010 pukul 7:26 am

    Sy melihat sendiri kometnya saat sedang berdiri di balkon rumah saya tiba2 sy melihat bola api yg ternyata komet tersebut, sangat jelas

    Suka

  3. kikii
    19 Agustus 2010 pukul 9:51 pm

    pengen liat,,,
    ntar kalo ada yang liat zmz q yyaaa,,

    Suka

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: