Beranda > Berita dalam Negeri > Hati-Hati, Raskin Berjamur !

Hati-Hati, Raskin Berjamur !

Kualitas beras miskin (raskin) jauh dari standar kualitas yang diharapkan. Masyarakat yang berharap terbantukan dengan membeli beras murah malah terancam kena penyakit karena mengkonsumsinya.

Anggota DPD RI asal Gorontalo, Budi Doku mengatakan, DPD telah melakukan penelitian di seluruh daerah atas kualitas raskin. Menurutnya, didapati di beberapa daerah raskinnya berjamur dan berkutu. “Seperti di Sumut yang berasnya mengandung unsur yang dapat mengakibatkan munculnya jamur aflatoksin,” kata Doku dalam rapat kerja Komite II dengan Bulog, Rabu (30/3).

Doku yang juga seorang dokter mengatakan, beras yang tak lagi berwarna putih dan telah hitam atau kekuning-kuningan pasti telah berjamur aflatoksin. “Belum lama ini saya ke Taiwan dan disana Menteri Luar Negeri Taiwan memamerkan berasnya yang putih bersih. Kata Menlu, bila sudah berwarna lain pasti sudah berjamur aflatoksin,” jelasnya.

Ia mengatakan, sering raskin disiasati oknum tak bertanggungjawab agar terlihat baik. “Di Bali didapati raskin yang sudah berwarna hitam dan kekuning-kuningan dicampur tepung agar terlihat putih,” ujar Doku yang bertindak sebagai pimpinan raker.

Hafid Ashrom, anggota DPD asal Yogyakarta menambahkan, kualitas raskin dari beras Bulog memang jelek. “Berwarna kuning dan berkutu. Mestinya tak seperti itu karena Bulog kan sebelumnya seleksi beras tersebut. Ini tak hanya terjadi diraskin, beras lain juga Ini juga tak hanya di raskin,” katanya.

Parlindungan Purba, anggota DPD RI asal Sumut menambahkan, selain kualitasnya jelek, penyaluran raskin juga masih bermasalah. “Banyak yang disalurkan kepada yang tak berhak menerima. Ini karena belum ada koordinasi yang baik antara pemerintah daerah dan Bulog dalam penyalurannya. Mestinya bulog ikut memastikan raskin sampai ke tangan yang layak menerima,” paparnya.(JPNN)

Iklan
  1. 30 Maret 2011 pukul 10:00 pm

    hmmmmmmmmmmmmmm….. ya gini nich klo buat rakyat kecil ga ada yg bener……. bangun trs az gedung dpr……….. pejabat wes edan kabeh

    salam persahabatan selalu dr MENONE

    Suka

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: