Beranda > International > 17 Persen Populasi Dunia Orang India

17 Persen Populasi Dunia Orang India

Taj Mahal, Agra, India.

Image via Wikipedia

Dalam tempo 10 tahun lagi, ditaksir India bakal segera menyusul Cina sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. Cina saat ini berpenduduk 1,34 miliar jiwa, adapun India 1,21 miliar jiwa. Tak mengherankan bila 17 persen populasi penduduk di dunia adalah orang India. Hal ini terungkap dalam sensus penduduk termutakhir di sana.

“Populasi di India sekarang ini setara dengan jumlah penduduk di Amerika Serikat, Indonesia, Brasil, Jepang, Bangladesh, dan Pakistan,” tutur Komisaris Biro Sensus Penduduk India C. Chandramouli. Bayangkan saja, kata dia, di Negara Bagian Uttar Pradesh, jumlah penduduknya nyaris mencapai 200 juta jiwa–sedikit di bawah Indonesia yang 250 juta jiwa.

Sebab itu, Chandramouli menaksir jumlah penduduk India bakal melampaui Cina pada 2030. “India bakal menjadi negara paling padat di dunia,” katanya. Meski begitu, ujar Chandramouli, angka pertumbuhan penduduknya menurun dari 21,5 persen menjadi 17,6 persen ketimbang sensus pada 1921.

Ia juga mencatat, sebanyak 800 juta dari 1,21 miliar jiwa di India hidup di bawah garis kemiskinan. “Tapi jumlah warga yang bisa membaca naik dari 65 persen menjadi 74 persen pada responden berumur 7 tahun ke atas,” tuturnya. Adapun rasio kelahiran anak berkisar 940 perempuan untuk setiap 1.000 laki-laki. Sensus terakhir rasio bayi laki-laki 933 jiwa.

“Upaya pemerintah dalam 40 tahun terakhir tak berdampak pada rasio seksual anak,” ujar Menteri Dalam Negeri India G.K. Pillai. Maklum saja, anak lelaki lebih diminati ketimbang anak perempuan. Alasannya, menikahkan anak perempuan butuh biaya tinggi. Lagi pula, dalam tradisi Hindu di sana, cuma laki-laki yang berhak menggelar upacara kremasi.(Tempointeraktif.com)

Iklan
  1. 20 April 2011 pukul 9:48 pm

    Everyone should read this blog.. Surely i will share this..

    Suka

  1. 17 Agustus 2011 pukul 11:58 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: