Beranda > Komputer & Internet > Waspadai Jebakan Video Osama di Facebook

Waspadai Jebakan Video Osama di Facebook

Sebuah laporan menyebutkan, di Facebook tengah beredar luas link video yang diklaim menampilkan kematian Osama bin Laden. Hati-hati, ini adalah jebakan.

Dengan mengkliknya, pengguna akan dibawa ke sebuah halaman Facebook yang mendorong mereka untuk mengklik ‘like’ dan ‘share’ sebuah link video Osama dengan semua teman Facebook.

Namun setelah mengkliknya, pengguna tidak mendapatkan video seperti yang dijanjikan, melainkan hanya membantu si scammer menyebarkan link ini ke seluruh pengguna Facebook. Pengguna malah harus mengikuti serangkaian survei yang harus diselesaikan sebelum melangkah ke step berikutnya.

Firma keamanan Sophos yang melaporkan scam ini menyebutkan, scammer akan mendapatkan uang setiap kali seorang pengguna selesai melengkapi survei. Itu sebabnya, mereka ingin agar pengguna yang menjadi korban membagi link video ini ke sebanyak-banyaknya orang.

“Pengguna komputer harus mewaspadai bentuk scam yang berhubungan dengan poemberitaan Osama Bin Laden. Tidak hanya di Facebook tetapi media internet lainnya juga,” imbau Sophos seperti dikutip detikINET dari Naked Security, Selasa (3/5/2011).

Ditambahkan Sophos, sebuah pemberitaan yang tengah heboh dan dicari banyak orang memang kerap didomplengi spammer atau hacker untuk mengancam keamanan para penggguna internet.

Pantauan detikINET, Facebook Indonesia agaknya belum ramai jenis scam ini. Namun mengingat begitu cepatnya penyebaran scam melalui internet, ada baiknya Anda mewaspadainya juga.(Detiknet.com)

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: