Beranda > Berita Korea > Tiba di Korea, TKI Dapat Handphone Gratis

Tiba di Korea, TKI Dapat Handphone Gratis

Jakarta,Pemberian Handphone (HP) secara gratis kepada tenaga kerja Indonesia (TKI) Korea dari PT Nurkumala Abadi rencananya akan diberikan begitu TKI tiba di negeri gingseng itu. Inspirasi pemberian HP gratis oleh pihak swasta ini merupakan ajakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beberapa waktu lalu.

TKI yang beruntung mendapat handphone gratis itu adalah mereka yang baru-baru ini  telah mengikuti tes yang diadakan secara nasional Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).

Tes yang dikenal Employment Permit System Test of Proficiency In Korean (EPS TOPIK) 2011 ini dilakukan secara serentak di lima kota – Jakarta, Bandung, Solo, Malang, dan Makassar — di Indonesia, pada Sabtu – Minggu (25-26/6) lalu. Peserta tes di lima konta sebanyak 19.872 orang, 17.926 laki-laki dan 1.946 perempuan.

Meski demikian, yang akan dipilih dari jumlah itu untuk ditempatkan di Korea jumlahnya 8.300 orang. “Karena itu, bagi yang lulus pada seleksi awal dan keluar Standard Labor Contract (SLC) atau ijin kerja, misalnya, 300 orang, maka mereka itulah begitu tiba di Korea langsung mendapatkan HP gratis,” ujar Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Moh Jumhur Hidayat pada saat sambutannya seusai menyaksikan penandatanganan Surat Pernyataan Penyerahan Bantuan Telepon Seluler kepada TKI Korea, di Kantor BNP2TKI Jakarta, Jumat (8/7).

Menurut Jumhur, sesuai dengan kuota yang didapat Indonesia dari pemerintah Korea yaitu 8.300 orang TKI, maka jumlah TKI yang akan mendapatkan HP gratis secara bertahap yaitu 8.300 orang. Adapun, TKI yang sudah bekerja di Korea yang jumlahnya sekitar 30.000 orang  tentu tidak masuk dalam klausul yang akan mendapatkan HP gratis.

Diakuinya, sebagai sarana komunikasi pemberian HP untuk TKI ini sangat bermanfaat. Setidaknya, para TKI nantinya dapat manfaatkan berkomunikasi dengan keluarganya di tanah air, atau bisa menginformasikan perkembangan kerjanya maupun ketika menghadapi masalah.

Pasalnya, kata Jumhur, pemerintah (eksekutif) dan DPR RI juga telah melakukan pembahasan terkait kelengkapan sarana komunikasi untuk TKI ini sebagai salah satu media perlindungan selama TKI bekerja di luar negeri.

Dijelaskannya, sarana komunikasi untuk perlindungan dini bagi TKI ini, salah satunya adalah HP. ”Untuk anggaran sarana komunikasi bagi perlindungan dini TKI ini sedang digodok antara pemerintah (eksekutif) dan DPR RI,” kata Jumhur.

Kalau sekarang PT Nurkumala Abadi berkenan memberikan bantuan HP secara cuma-cuma bagi TKI Korea, kata Jumhur, kiranya juga perlu dipertimbangkan untuk TKI yang ada di negara-negara lainnya, seperti TKI di Arab Saudi, Malaysia, Taiwan, dan negara-negara lainnya.(Sumber)

Iklan
Kategori:Berita Korea Tag:, ,
  1. 27 Februari 2016 pukul 3:42 pm

    Terimakasih gan informasinya, tinggalin jejak blogwalking
    silahkan jika ingin berkunjung balik di http://www.berita-tki.com

    Suka

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: