Beranda > Bisnis Anda, Motivasi > Neneng Sukses di Saudi Dengan Omset Rp 1,7 M

Neneng Sukses di Saudi Dengan Omset Rp 1,7 M

Restoran Mr. Sate

klik gambar untuk memperbesar

Jakarta, (26/7)- Banyak kisah pilu menimpa Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di perantauan saat mengadu nasib di negeri orang. Tetapi lain halnya dengan Hj Neneng Marwaty Darojat, ibu empat anak asal Bandung Jawa Barat ini berhasil meraih omset ratusan ribu riyal dari usahanya di Arab Saudi.

Berbekal naluri berbisnis yang dia miliki sekaligus dukungan sang suami, perempuan asal Priangan ini mencoba mendalami bisnis kuliner dengan membuka Rumah Makan khas “Indonesia” di negeri Arab. “Tentu selain mencari keuntungan, pendirian Rumah Makan dengan nama Restoran Mr. Sate yang juga melayani catering ini untuk lebih mengenalkan masakan asli Indonesia di sini (Arab Saudi-red),” ujar Neneng.

Bisa dilihat daftar menu makanannya yang tersedia di warung milik Neneng. Mulai dari sate ayam dan kambing, nasi goreng, mujahir goreng lalapan, pecel lele, bakso, sop buntut sapi, nasi rames dengan menu unggulan ayam bakar Mr Sate. Rumah Makan Mr Sate milik Neneng ini berlokasi di Jl. Muhammad Hasan Awwad, Sharafeyyah, Jeddah, dengan bangunan dua lantai. Asristektur tampak depan dari bambu, sementara suasana di dalam restoran pun cukup nyaman.

Selain WNI/TKI, pelanggan tetap Mr Sate juga ada dari warga Arab Saudi asli. Jama’ah umroh maupun haji, kata Neneng, termasuk awak maskapai penerbangan banyak yang bertandang ke restoran ini untuk memenuhi hasrat perut yang keroncongan. Maklum, rasa Indonesia yang kaya rempah cukup mampu membunuh selera mereka yang juga mirip dengan makanan Indonesia. Tak lupa ketinggalan, tutur Neneng, orang Arab juga cukup banyak yang ketagihan dengan resto ini. Biasanya mereka ke Mr Sate pada hari libur resmi Arab Saudi yang jatuh pada Kamis dan Jumat.

Menurut Khaled, warga Arab Saudi yang mengaku cukup sering menyambangi restoran ini menilai makanan di Mr Sate cukup enak. “Selain itu harganya juga cukup murah,” ujar Khaled. Dengan 13 Riyal Saudi (Rp 32 ribu), di Restoran Mr. Sate sudah bisa dinikmati ayam bakar, nasi putih dan segelas es teh manis.

Selain membuka lokasi di Jeddah, Mr Sate juga membuka cabang di kota Makkah, tepatnya di Food Court Lt 4 Hotel Grand Zam Zam, Royal Clock Tower Mekkah, dengan letak gedung berada persis di pelataran Masjidil Haram.

“Justru yang paling laku pada saat musim haji dan umrah. Restoran saya diserbu para jamaah umroh dan haji,” ungkap Hj Neneng Marwaty yang lahir di Bandung 3 November 1965 itu.

Pada puncak musim haji, ribuan box perhari menu andalan ayam bakar Mr Sate habis. Belum lagi ratusan porsi di hari biasa juga ludes terjual di Jeddah. Belum lagi langganan catering harian Mr Sate yang meliputi Jama’ah umroh/haji, karyawan kantor-kantor perwakilan Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara seperti Thailand dan Malaysia, membuat usaha bisnis Neneng makin berkibar.

Restoran Mr. Sate berdiri pada 2006, dan langsung melesat dengan omset lebih dari 700 ribu Riyal Saudi pertahun (Rp 1,7 Miliar). Total pegawai tetap yang saat ini membantunya berjumlah 13 orang. Dari jumlah itu kebanyakan adalah mukimin, dan satu dari Pakistan. Hanya apabila musim umroh dan haji sudah tiba, Neneng merekrut lagi tenaga musiman.

Sebagai WNI maupun aktivis BMI di Arab Saudi, kepedulian Hj Neneng Marwaty Darojat terhadap TKI tidak diragukan lagi. Walaupun waktunya cukup padat, dukungan dan bantuannya terhadap TKI serta bergabungnya bersama salah satu LSM POSPERTKI sangat luar biasa demi perjuangan. Disisi lain dengan segala jerih payahnya, Neneng ingin mewujudkan mimpinya untuk membangun sebuah panti asuhan atau yayasan yatim piatu di tanah air.(BNP2TKI)

Baca juga:

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. 18 Desember 2011 pukul 9:29 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: