Beranda > Berita Korea, Berita tekhnologi > Kabel superkonduktor yang dapat mengirim 170 kali lebih banyak arus listrik

Kabel superkonduktor yang dapat mengirim 170 kali lebih banyak arus listrik

Pada 8 April 1911 seraong fisikawan Belanda, Heike Onnes menemukan bahwa tahanan listrik menghilang di minus 269 derajat Celcius. Sejak ditemukan “superkonduktivitas” hampir satu abad sebelumnya, penemuan itu sedang mengubah dunia secara dramatis. Elektromagnet superkonduktor digunakan dalam mesin MRI dan kereta maglev. Baru-baru ini, para ilmuwan Korea telah berhasil mengembangkan kabel superkonduktor yang dapat mengirim 170 kali lebih banyak arus listrik dari kabel konvensional. Peneliti Oh Sang-soo dari lembaga riset teknologi elektronik Korea menjelaskan tentang kabel superkonduktor yang dikembangkannya.

Dua faktor yang penting untuk mengkomersilkan kabel superkonduktor. Pertama adalah panjang kabel dan yang lainnya adalah arus listrik kritis, yang merupakan arus listrik maksimum yang dapat dikirim tanpa perlawanan. Semakin panjang kabel dan semakin tinggi arus listrik kritis, adalah baik untuk komersialisasi. Itu hal penting untuk mencapai arus kritis dari 1.000 ampere pada kabel yang lebih panjang.

Ilmuwan Amerika dan Jepang mampu mengembangkan kabel superkonduktor suhu tinggi yang bisa mencapai 1.000 ampere sekitar 30 sentimeter, tetapi tidak pernah membuat kabel pada lebih dari satu meter. Tetapi, tim Peneliti Oh Sang-soo dari lembaga riset teknologi elektronik Korea berhasil membuat sekitar 20 meter dari superkonduktor kabel pada pelat logam dengan menggunakan metode evaporasi simultan, dan mampu mencapai nilai arus kritis dari 1.000 ampere di 16 meter dan bahkan 1.250 ampere dalam beberapa segmen, yang dapat mengamankan teknologi manufaktur kabel superkonduktor suhu tinggi yang paling maju di dunia. Sementara, kabel tembaga dapat mengangkut sekitar lima ampere listrik pada satu milimeter persegi, kabel superkonduktor tim penelitian itu dapat memberikan lebih dari 170 kali listrik tanpa perlawanan atau kerugian pada ukuran tebal kabel yang sama. (KBS World)

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: